MMD UB Kelompok 222 Berikan Edukasi Tentang Pemanfaatan Hama dan Predator serta Pupuk Kompos dari Hewan pada Tanaman

  • WONOREJO.SINGOSARI
  • Jul 26, 2023

Minggu (16/7), Mahasiswa Membangun Desa Universitas Brawijaya (MMD UB) Kelompok 222 melakukan sosialiasi mengenai pemanfaatan hama dan predator pada tanaman, serta pemanfaatan kotoran ternak menjadi kompos. Sosialisasi tersebut dihadiri oleh Kelompok 222 MMD UB dan juga warga kelompok tani dari Dusun Banyol. Tujuan dari kegiatan sosialisasi ini utamanya adalah untuk memanfaatkan kotoran hewan yang umumnya bisa didapatkan dengan mudah karena latar belakang warga yang kebanyakan merupakan peternak, serta menambahkan variasi tanaman yang dapat dikembangkan oleh warga desa melalui pembagian dan penanaman pohon alpukat. Pada kegiatan ini juga ditunjukkan cara agar tanaman bisa terbebas dari hama tanaman dengan menggunakan tanaman refugia yang dapat mengundang dan menyediakan musuh alami seperti predator dan parasitoid untuk mengendalikan hama tanaman.

Kegiatan MMD UB Kelompok 222 di Desa Wonorejo, Kecamatan Singosari ini sudah dilakukan sejak 3 Juli dengan membawakan 14 program kerja yang diharapkan dapat membantu untuk pembangunan serta perkembangan Desa Wonorejo kedepannya. Program kerja yang dibawakan meliputi dan mengikutsertakan berbagai lapisan masyarakat dengan bermacam-macam sosialiasi maupun pelatihan. Program kerja MMD UB Kelompok 222 di Desa Wonorejo antara lain adalah sosialisasi kepada kelompok tani tentang tanaman dan kompos, sosialisasi pengolahan susu dan praktik pemanfaatan daun kelor bersama kader PKK, pelatihan Microsoft Office dan Internet Sehat ke pelajar SMP, dan lain sebagainya.

Kegiatan sosialiasi pemanfaatan predator hama serta pemanfaatan kotoran ternak ini diakhiri dengan penanaman satu buah pohon alpukat dan foto bersama dengan kelompok tani dari Dusun Banyol.