Pemberdayaan Eks ODGJ Melalui Kegiatan Membatik Cap Bambu

  • WONOREJO.SINGOSARI
  • Jul 26, 2023

Senin (17/7), Posyandu Jiwa Desa Wonorejo kedatangan tim dosen dari Universitas Negeri Malang (UM). Kedatangan tim dosen tersebut adalah sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat yang berfokus pada pelatihan pembuatan batik cap dengan bambu. Kegiatan yang dilakukan tim UM ini selain bertujuan untuk mengasah kemampuan dari para eks ODGJ, sekaligus untuk mengembangkan motif batik ciprat yang biasa dilakukan eks ODGJ dibawah pengelolaan kader Posyandu Jiwa.

Pada kegiatan ini, eks ODGJ beserta kader Posyandu Jiwa ditunjukkan bagaimana cara untuk membatik dengan bambu yang sudah dibuat dengan bentuk tertentu yang nantinya akan menjadi pola batik pada kain yang digunakan. Kader Posyandu Jiwa Desa Wonorejo juga berkesempatan untuk mencoba melakukan batik cap bambu tersebut dengan bimbingan ahli.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Wonorejo, jajaran perangkat Desa Wonorejo, jajaran pengurus kader posyandu jiwa Desa Wonorejo, tim pengabdian Universitas Negeri Malang, serta peserta warga eks ODGJ Desa Wonorejo.

Kegiatan diakhiri dengan ucapan terima kasih dari Nur Aini, istri kepala Desa Wonorejo, kepada Universitas Negeri Malang yang telah memberikan pelatihan membatik cap dengan bambu untuk pengembangan motif Batik Ciprat yang telah dilakukan selama ini, serta atas bantuan alat-alat dan bahan-bahan untuk pembuatan batik cap dari bambu.